KaltimPemerintahanPolitikSudut Balikpapan

Upaya Syafruddin, Junjung Tinggi Nasionalisme

KLIK BALIKPAPAN – Wakil Ketua Komisi III Parlemen Kaltim, Syafruddin yang kerap dikenal Udin dikalangan masyarakat. Melakukan upaya meningkatkan nilai dan rasa Nasionalisme terhadap masyarakat Kota Balikpapan, melalui sosialisasi wawasan kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Lokasi sosialisasi terletak di Jl. Marsma R. Iswahyudi No 37 RT. 10 Kelurahan Sepinggan Raya. Kecamatan Balikpapan Selatan. Sabtu. 05/11/2022.

Udin, dalam kesempatannya mengatakan bahwa nilai yang terkandung dalam Pancasila patut dan harus di pertahankan serta diimplementasikan dalam berkehidupan sehari hari, karena menyangkut pilar keagamaan dan kebangsaan dalam berkehidupan yang menghargai perbedaan sesama.

“Sudah seharusnya kita menjunjung dan mengimplementasikan nilai nilai yang terkandung di dalam Pancasila pada kehidupan sehari hari, di dalamnya juga mengandung unsur keagaamaan seperti ketuhanan yang maha esa, juga nilai kebangsaan dalam menghargai perbedaan antar sesama.” Paparnya

taufik | KLIK BALIKPAPAN

Dalam sosialisasi Kebangsaan, Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa juga turut menghadirkan pembicara yang elegan nan profesional, seperti Amiruddin dari sisi pemuda yang menggemari sejarah dan hukum di Indonesia, serta Hamid selaku pengamat politik di Balikpapan.

Amir dalam sesi pembicaraannya ia menjabarkan sejarah kebangsaan yang telah lama ia geluti. Mulai dari sumpah palapa yang diikrarkan Gajahmada, Soempah pemuda para pemuda Indonesia. hingga peran pemuda masa kini dalam menyikapi perbedaan yang ada.

“Jika kita lihat histori sejarah Indonesia yang memiliki ragam perbedaan, budaya, agama, suku, ras, dan lain sebagainya. Dulu Gajah Mada sebagai tokoh budaya sejarah pernah mengikrarkan Soempah palapanya. Yaitu salah satu sumpah dalam menyatukan Nusantara yang saat ini kita sebut Indonesia. Lebih maju dari itu, pada saat zaman kolonial penjajah ada yang namanya sumpah pemuda. Pemuda berbagai suku, bersatu mencetuskan sumpah pemuda untuk melawan penjajah. Dan hari ini kita selaku masyarakat yang memiliki jiwa muda. Sudah seyogyanya menjunjung tinggi nilai nilai persatuan serta keberagaman melalui pilar kebangsaan yaitu, Pancasila dan UUD 1945, demi terwujudnya Indonesia yang aman dan damai.” Paparnya.

taufik | KLIK BALIKPAPAN

Tak hanya itu, Muhammad Hamid, selaku pembicara juga mengatakan bahwa Nilai kebhinekaan serta pancasila tak lebih demi menimbulkan Bangsa yang damai dan tentram serta mempertahankan kemajemukan.

“Telah di paparkan tadi oleh sahabat saya, Amir. Itu sekilas balik historis sejarah mengapa kita harus menjunjung nilai Pancasila dan kebhinekaan melalui keberagaman yang ada. Karena Pancasila dan Kebhinekaan adalah satu keutuhan demi bangsa yang damai dan tentram demi mempertahankan kemajemukan, yaitu kekayaan bangsa kita seperti karakteristik perbedaan budaya.” Ucapnya.

Saat penutupan Sosialisasi, Syafruddin pun kembali mengingatkan bahwa selain bentuk meningkatkan rasa Nasionalisme, juga sebagai bentuk silaturahim dirinya bersama masyarakat.

“Selain sosialisasi yang kami adakan ini guna meningkatkan rasa nasionalisme kita, ini juga upaya kami bersilaturahim. Atas upaya serta semangat dukungan masyarakat pula, saya dapat duduk di sini dan mewakili aspirasi teman teman semua melalui bangku Parlemen, harapannya tak hanya saat seperti ini saja kita bertemu.” Tutupnya.

| Reporter : Gopek | Editor : Faisal

Back to top button