Humaniora

Lima Podcast Terpopuler Tahun 2020

Pengguna podcast Indonesia naik tiga kali lipat dibanding tahun 2019.

KLIK BALIKPAPAN – Spotify mengungkap tahun 2020 menjadi tahun podcast Indonesia. Saat ini, podcast menjadi bagian yang lepas dari kehidupan. Khususnya bagi kaum muda dan kalangan professional di kota-kota besar. Podcast, menyajikan pelbagai informasi audio, dari berita, inspirasi, komedi, sampai hiburan.

Di Indonesia, konsumsi podcast terutama via Spotify, meningkat pesat. Hal ini diiringi pula dengan perkembangan ekosistem storyteller lokal. Tema yang diperbincangkan di podcast pun beragam, mulai cerita terbaru dari artis favorit, kisah horor yang membuat bergidik, sampai cerita komedi yang membuat kita terpingkal-pingkal.

Di situasi pandemi, sajian podcast membantu masyarakat betah di rumah. Mungkin karena itu, selain lagu, album, dan artis, dalam Spotify Wrapped 2020, Spotify mengungkap deretan podcast paling populer di Indonesia sepanjang 2020. Ini daftarnya:

  1. Rintik Sendu, digagas penulis lokal Nadhifa Allya Tsana.
  2. Podkesmas, dipandu penyiar TV dan radio Ananda Omesh, Imam Darto, dan Surya Insomnia.
  3. DesTanya Siapa? besutan Deddy Desta Mahendra.
  4. Do You See What I See, podcast horor milik Rizky Ardi Nugroho.
  5. Teman Tidur, yang dibawakan Dera Firmansyah.

Adapun genre podcast terpopuler di Indonesia, selain berita, yakni komedi, sosial masyarakat, budaya, seni dan hiburan, cerita, serta gaya hidup dan kesehatan. Untuk waktu favorit, para pendengar di Indonesia lebih sering mendengarkan podcast di malam hari.

Saat ini Spotify memiliki lebih dari 1,9 juta judul podcast di seluruh dunia. Dari jumlah itu, ada sembilan podcast di Indonesia masuk dalam jajaran 200 podcaster terpopuler global untuk tahun 2020. Konsumsi podcast di aplikasi Spotify Indonesia saat ini tercatat tiga kali lebih besar dibanding tahun lalu.

Spotify juga merilis daftar podcast global terpopuler. Yakni:

  1. The Joe Rogan Experience.
  2. TED Talks Daily.
  3. The Daily.
  4. The Michelle Obama Podcast.
  5. Call Her Daddy.

Genre terpopuler yang dinikmati masyarakat global, antara lain, tentang kisah masyarakat dan budaya, komedi, gaya hidup dan kesehatan, seni dan hiburan, serta edukasi. Ayo buat podcastmu sekarang, dan bagikan kisah-kisah seru yang pernah kamu lewati.

I Pewarta: Zen

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker