Warta

Harga Pangan Bergerak Naik

Harga komoditas pangan di Kaltim, tertinggi di PPU.

KLIK BALIKPAPAN – Pekan pertama Januari 2021 diwarnai kenaikan harga sejumlah komoditas pangan. Semisal, lombok keriting dari Rp 58.000 per kg, pada Senin 11 Januari 2021 harganya naik menjadi Rp 61.000. Harga tertinggi di Pasar Klandasan yang sampai tembus Rp 65.000.

Harga itu tercatat di laman Sahabat, situs resmi Bank Indonesia bersama TPID di Balikpapan. Situs ini memantau pergerakan harga komoditas pangan di Balikpapan.

Di laman itu, tercatat pula kenaikan harga lombok besar. Dari Rp 48.000 per kg menjadi Rp 58.000 per kg. Begitu pun cabe rawit, yang naik Rp 1.000, dari sebelumnya Rp 81.000 per kg. Dari sejumlah komoditas pangan, kenaikan tertinggi berada di kisaran 20 persen.

Lainnya, harga tetap stabil. Ada pula sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga, seperti bawang putih. Dari Rp 29.600 per kg, turun menjadi Rp 28.400 per kg.

Sedangkan data dari laman Laminetam, untuk komoditas cabe merah harga tertinggi di Kaltim, ada di Kabupaten Penajam paser Utara. Per kilogram menembus Rp 65.000. Sedangkan harga terendah ada di Kabupaten Kutai Barat, yakni Rp 42.000 per kg.

Anda bisa memantau harga pergerakan pangan di Balikpapan setiap hari, dengan mengakses laman Sahabat. Sedangkan untuk melihat perkembangan harga pangan di Kaltim, bisa mengunjungi laman Laminetam.

Pewarta: Taufik                                                         

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker