Properti

Rahasia Investasi Properti Bagi Pemula

Jadilah pembeli cerdas sebelum mulai berinvestasi.

KLIK BALIKPAPAN – Investasi properti termasuk jenis investasi populer di kalangan anak muda. Alasannya, selain menjadi gaya hidup baru, properti terkait dengan upaya pemenuhan kebutuhan papan. Memiliki properti menjadi impian bagi siapa saja yang telah bekerja dan berkeluarga.

Rasanya, berhasil membeli rumah dari hasil jerih payah sendiri itu sangat luar biasa. Namun, bukan berarti kamu harus mewujudkan properti impian dalam waktu singkat. Selain proses pembelian properti tidak semudah membeli produk lain, kamu perlu mempertimbangkan pelbagai faktor dengan matang.

Bagi pemula, berinvestasi properti boleh dibilang gampang-gampang susah. Namun, bukan berarti mustahil dilakukan. Ini rahasia investasi yang jarang diketahui:

Cari lokasi strategis

Faktor lokasi menjadi syarat utama untuk melakukan investasi properti. Banyak orang mengutamakan lokasi strategis dan kemudahan akses sebagai pertimbangan utama saat membeli properti. Faktor ini pula yang berpengaruh langsung pada harga jual properti.

Estimasi besaran dana

Kamu perlu tahu membeli properti bukan sekadar membayar biaya pokok, tapi ada komponen ekstra yang mengiringi. Beberapa komponen biaya tersebut antara lain: Uang tanda jadi atau DP, yang dapat ditentukan pengembang atau penjual properti. Boleh dibilang, uang tanda jadi ibarat biaya booking sebagai bentuk kejelasan kamu saat membeli properti.

Selanjutnya, uang muka. Nah, melunasi uang muka adalah biaya selanjutnya yang perlu kamu bayarkan. Besarannya berbeda tergantung membeli properti dimana dan dengan siapa.

Berikutnya soal angsuran. Untuk biaya ini kamu perlu berhitung cermat sebelum mencicil. Idealnya, besar angsuran properti tidak melebihi sepertiga gaji kamu. Ini penting agar kondisi finansialmu tetap stabil.

Cek harga pasar

Oh iya, kamu perlu menghindari sikap terburu-buru saat membeli properti pertama. Cari tahu dulu harga pasaran di properti incaranmu. Lakukan riset pasar jika perlu, secara langsung, online atau bisa tanya ke jaringanmu. Kamu pun bisa menentukan mana harga terbaik di antara masukan yang didapat.

Cek kelengkapan dokumen

Biasakan mengecek kelengkapan dokumen terkait pembelian properti. Jangan sampai masalah di kemudian hari muncul karena lalai meneliti dokumen, misalnya sertifikat properti atau akta tanah dan Izin Mendirikan Bangunan alias IMB.

Menjadi pembeli cerdas menjadi faktor penting dalam memulai investasi properti pertamamu. Bekali diri dengan pengetahuan memadai agar kamu tidak salah melangkah. Jika dana yang ada belum cukup untuk membeli properti, jangan paksakan diri!

I Akseleran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker