Humaniora

Malam Tahun Baru tak Seramai Dulu

Tak ada aktivitas warga di Lapangan Merdeka.

KLIK BALIKPAPAN – Ada yang berbeda jelang pergantian tahun di Balikpapan. Sepanjang jalan, kawasan-kawasan yang biasanya dipenuhi lautan manusia saban malam tahun baruan, tampak lenggang. Memasuki malam tahun baru 2021, suasananya tak seramai dulu.

Apalagi, sejumlah jalur yang mengarah ke Lapangan Merdeka ditutup. Penutupan jalan dilakukan mulai pukul 20.00 Wita. Dan akan dibuka kembali pada pukul 00.00 Wita.

Lokasi ini biasanya menjadi salah satu titik sentral perayaan pergantian tahun. Pada Kamis 31 Desember 2020 malam, tampak sepi, bahkan sedikit mencekam. Di kawasan ini sepi tanpa aktivitas warga, termasuk pedagang.

Dari laporan pandangan mata, hanya tampak sejumlah petugas yang berjaga untuk memastikan tidak ada masyarakat yang melakukan aktivitas di Lapangan Merdeka. Kawasan ini ditutup dari arah simpang Plaza Balikpapan sampai Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Balikpapan. Penutupan jalan untuk mencegah kerumunan dalam perayaan pergantian tahun.

“Efek penutupan ini, di Lapangan Merdeka terpantau tidak ada kegiatan masyarakat,” ujar Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono. Aparat kepolisian tak hanya berjaga statis, namun juga melakukan antisipasi dinamis dengan patroli ke sejumlah titik yang berpotensi memicu kerumunan.

“Di Lapangan Merdeka telah disiapkan kendaraan penindak dari Reskrim Polda,” ujarnya. Hal ini untuk mencegah adanya warga yang nekat menciptakan kerumunan. Jika hal itu terjadi, polisi mengambil langkah tegas untuk membubarkan.

Penulis: Zaki I Editor: Maula

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker