Humaniora

Bidang yang Cocok untuk Jebolan Humaniora

Report: Taufik I Editor: Zaki

KLIK BALIKPAPAN – Banyak dari mereka yang mempelajari bidang studi humaniora di universitas, termasuk Literatur bahasa Inggris, Sejarah, Filosofi atau Seni, merasa saat masuk ke dunia kerja seperti sebuah lompatan yang menakutkan.

Jika kamu telah terbiasa melihat dunia dari pandangan yang luas semasa perkuliahan, dan kemudian harus memilih bidang karir yang lebih spesifik, sebagian mahasiswa merasa bingung akan bidang karir apa yang harus mereka pilih.

Jangan khawatir dengan mengambil jurusan humaniora berarti kamu akan mempelajari beragam keahlian yang dapat dipindahkan dan diinginkan, mulai dari pemikiran kritis hingga analisa, dan bahkan kreatifitas.

Ditambah keuntungan dari kuliah di luar negeri yang akan memberikan kamu wawasan global, dan bahkan keahlian bahasa asing yang baru, kesadaran serta kepekaan budaya. Semua keahlian ini akan memberikan kamu banyak pilihan karir.

Jika dulu lulusan humaniora banyak dibutuhkan di dunia pendidikan dan seni, saat ini bidang bisnis dan kepemerintahan juga banyak mencari lulusan jurusan humaniora. Berikut adalah beberapa jalur karir yang mungkin cocok untuk lulusan humaniora:

  1. POLITIK

Pernahkah kamu memikirkan karir dalam politik? Gelar humaniora yang kamu dapatkan adalah bukti akan kemampuan dan bakat kamu dalam menganalisa informasi, etika kerja dan kreatifitas – semua keahlian yang dibutuhkan dalam karir politik.

Menurut penelitian, 60% pemimpin Inggris memiliki gelar humaniora, seni atau ilmu sosial. Cukup tinggi jika dibandingkan dengan hanya 15% dari mereka yang mempelajari bidang STEM di universitas. Nah, jika kamu berminat untuk terjun ke dunia politik, jurusan humaniora bisa kamu pertimbangkan.

  1. JURNALISME

Keahlian dalam tata bahasa dan pemahaman budaya dari seorang lulusan humaniora adalah bekal untuk menjadi jurnalis handal. Sebagai contoh, jurnalis terkenal British TV Louis Theroux mempelajari Sejarah Moderen di universitas, memiliki karir sendiri dalam membuat film dokumenter tentang sisi ekstrim dari kehidupan manusia moderen.

  1. DIPLOMAT

Pemahaman mendalam kamu tentang dunia, jaringan dan keahlian dalam memecahkan permasalahan akan sangat berguna dalam karir sebagai diplomat. Kamu akan lebih dibutuhkan jika kamu menguasai bahasa asing, atau memiliki pengalaman kuliah di luar negeri. Mengapa?

Karena dalam bidang karir ini, kamu dituntut untuk mampu beradaptasi dan fleksibel dalam situasi baru, serta berkomunikasi dengan baik di negara asing dan mungkin bahkan dalam situasi yang berpotensi menegangkan. Apresiasi budaya yang akan kamu peroleh sewaktu kuliah dapat mengarah pada hubungan internasional dan pemeliharaan perdamaian yang luar biasa.

I Hotcourses

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker